Etika Berbicara Di Telepon


            Hampir dipastikan setiap orang pernah berbicara melalui telepon,saya pun demikian.Komunikasi melalui telepon memang mudah dan efisien terutama disaat-saat penting yang tidak memungkinkan kita bertemu dengan seseorang yang ingin kita bicarakan.Hanya saja ada beberapa hal yang diperhatikan.Misalkan jika orang yang ditelepon sudah mulai berbicara dengan nada tinggi,nada bicara kita harus cukup tenang dan rendah agar tidak membuat suasana bicara anda menjadi tidak nyaman.Tingginya frekuensi percakapan di telepon belum tentu akan meningkatkan keluwesan dalam berbicara.Dibutuhkan kemampuan mengontrol emosi agar mitra bicara merasa nyaman,jika tidak orang tersebut akan enggan berinteraksi.Bahkan hal ini dapat memberi dampak buruk pada proses negoisasi bisnis.Oleh karena itu saya mempunyai beberapa tips etika berbicara di telepon agar suasana berbicara anda di telepon menjadi nyaman.
Perhatikan Waktu
            Ketika anda sebagai penelepon meneleponlah di waktu yang tepat,hindari menelepon di waktu jam makan malam dan istirahat.Hal ini berguna agar lawan bicara tidak mudah terganggu.Jika telepon anada berada dalam status menunggu atau waiting call sebaiknya tunggu beberapa saat lagi untuk menelepon kembali.Lwan bicara dapat merasa terganggu dengan nada tunggu dari telepon anda.
Ucapkan Salam
            Sebagai pembuka percakapan jangan lupa ucapkan salam terlebih dahulu dan mengucapkan nama anda kepada lawan bicara.Setelah itu jelaskan lah kepada lawan bicara anda,hal ini beruna agar lawan bicara anda mengerti maksud dan tujuan anda apa.Ia mengerti bahwa orang yang sedang diajak berbicara adalah pihak yang dapat dipercayai dan bertanggung jawab.
Siapkan Alat Tulis
            Pastikan bahwa kertas kosong dan alat tulis lainnyantersedia di dekat anda.Hal ini berguna agar anda tidak sibuk mencari sesuatu jika dibutuhkan,misalnya untuk mencatat nomor telepon,pertemuan jadwal,atau informasi penting yang disampaikan oleh lawan bicara anda.
Ucapkan Terima Kasih
            Sebelum menutup pembicaraan jangan lupa ucapkan terima kasih dan mengucapkan salam agar lawan bicara anda merasa respect kepada anda.

            

0 komentar:

Poskan Komentar