RESUME KELOMPOK V PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN DALAM ORGANISASI

Kali ini saya akan membahs dan merangkum apa yang telah diutarakan dan dipersentasikan kelompok V yaitu tentang Perubahan Dan Perkembangan Dalam Organisasi.Setiap waktu dan jaman yang berubah tentu kita sendiri pun akan mengikuti perkembangan jaman yang ada,begitupula dengan organisasi yang ada sekarang.Perkembangan dalam organisasi ada melalui beberapa faktor yaitu ada dari faktor internal adapula faktor eksternal.Faktor internal lebih mengacu pada perubahan tujuan, struktur, aktivitas organisasi, dll. Contoh yang bisa diambil adalah naiknya jabatan seseorang dalam sebuah perusahaan. Sementara Faktor eksternal lebih kepada perubahan sistem ekonomi, teknologi baru, dll. Contoh yang bisa diambil adalah dari tahun ke tahun banyak teknlogi baru yang bermunculan.
Pengertian dari pengembangan organisasi merupakan suatu cara yang berusaha untuk meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mementingkan keinginan bersama akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian,begitulah dari beberapa penjelasan dari kelompok tersebut yang saya bisa catat dan rangkum. Tujuan utama dari pengembangan organisasi seperti yang dikemukakan kelompok tersebut adalah untuk memperbaiki fungsi organisasi yang dirasa sudah harus untuk dikembangakan lagi. Peningkatan produktivitas dan keefektifan organisasi dalm berorganisasi pun dapat membawa dampak yang baik dalam pengambilan sebuah keputusan didalam suatu organisasi tersebut.
Kelompok tersebut pun menjelaskan ada beberapa metode atau teknik yang sering digunakan untuk perubahan dan perkembangan organisasi dalam mengikuti perkembangan jaman yang ada sekarana, salah satunya adalah:
- Team building, merupakan pendekatan yang bertujuan untuk lebih mendalami efektivitas serta rasa puas dari masing- masing individu dalam kelompok kerjanya. Teknik ini sangat membantu meningkatkan kerjasama dalam sebuah tim.
- Intergroup activities, adalah untuk peningkatan hubungan baik antar kelompok, ketergantungan antar kelompok yang sangat membantu agar satu kesatuan organisasi terbentuk dengan sendirinya. Intergroup activities dirancang untuk meningkatkan suatu kerjasama dan memecahkan konflik yang timbul dalam sebuah organisasi.
Semua penjelasan yang telah di utarakan dan dijelaskan dapat saya rangkum bahwa perkembang pola berorganisasi perlu dilakukan agar tercipta individu2 yang mempunyai kualitas dalam pola pikiran maupun perbuatan.Perkembangan dan perubahan dalam berorganisasi pun bisa menjadikan organisasi tersebut lebih berkembng dan maju dengan mengikuti pola perkembangan jaman yang ada agar tidak mudah tertinggal dengan organisasi-organisasi lain yang lebih terbuka pikirannya dalam pola perubahan dan perkembangan nya.

0 komentar:

Posting Komentar