Di kesempatan kali ini saya akan membahas dan membuat sedikit resume tentang “Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi”.Memang di setiap organisasi apapun dan dimanapun diperlukan adanya sikap tentang pengambilan keputusan dalam organisasi tersebut.Menurut beberapa para ahli mengemukakan masing2 tentang arti tersendiri dalam pengambilan keputusan di dalam berorganisasi,seperti yang dikemukakan oleh Fred Luthans yang menyatakan bahwa pengambilan keputusan didefinisikan secara universal sebagai pemilihan alternatif,lain pula yang dikemukakan oleh Chester Bernard yaitu dalam The Function of the Executive, bahwa analisis komprehensif mengenai pengambilan keputusan disebutkan sebagai suatu “proses keputusan merupakan teknik untuk mempersempit pilihan”.Yah itu lah hanya sedikit dari beberapa arti tersendiri tentang Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi yang dikemukakan oleh kelompok tersebut dan yang saya bisa tanggap dan mengerti secara umum.
Mereka pun menjelaskan tentang ada beberapa tahap dalam pengambilan keputusan sebelum keputusan tersebut di sah kan .Yaitu “Aktivitas intelegensi yakni penelusuran kondisi lingkungan yang memerlukan pengambilan keputusan”.”Aktivitas desain yakni terjadi tindakan penemuan, pengembangan dan analisis masalah”.
“Aktivitas memilih yakni memilih tindakan tertentu dari yang tersedia”.Selain tahap-tahap dalam pengambilan keputusan dalam organisasi dijelaskan juga tentang Fungsi dan Tujuan dalam pengambilan keputusan.Fungsi dalam mengambil keputusan dalam organisasi yaitu agar setiap permasalahan yang dihadapi dalam organisasi tersebut dapat diselesaikan dan diambilkan keputusan secara bulat.Tujuan dalam pengambilan keputusan dalam organisasi pun mereka jabarkan secara mendetail dan mereka jabarkan menjadi dua yaitu.Tujuan bersifat tunggal yaitu tujuan pengambilan keputusan yangbersifat tunggal terjadi apabila yang dihasilkan hanya menyangkutsatu masalah artinya sekali diputuskan dan tidak akan adakaitannya dengan masalah lain.
Tujuan bersifat ganda yaitu tujuan pengambilan keputusan yangbersifat ganda terjadi apabila keputusan yang dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah, artinya bahwa satu keputusanyang diambil itu sekaligus memecahkan dua masalah atau lebihyang bersifat kontradiktif atau bersifat tidak kontradiktif.
Dari semua yang telah saya jabarkan di atas dapat saya tarik kesimpulan bahwa pengambilan keputusan dalam berorganisasi sangat diperlukan dan penting agar keputusan yang telah disepakati dan dibicarakan secara bersama dapat dijalankan dan dilaksanakan sesuai dengan yang telah disepakati secara bersama.Apa jadinya bila dalam organisasi ataupun tidak adanya sikap dalam pengambilan keputusan dalam organisasi maka sesuatu yang menjadi masalah akan mengambang dan tidak dapat bisa diselesaikan secara langsung dan berakibat buruk terhadap kelangsungan organisasi tersebut dan dapat pula menjadikan perpecahan terhadap organisasi tersebut.Peran ketua dalam organisasi pun sangat penting karena semua nya diserahkan secara langsung kepada beliau dari semua hasil yang telah disepakati baik dari segi musyawarah maupun voting.Yah semoga saja kita dalam berorganisasi bisa melakukan pengambilan keputusan secara baik dan benar dan bisa dijalnkan sesuai dengan yang telah disepakati secara bersama.
RESUME KELOMPOK III PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI
Diposting oleh
indirabagussugiharto
on Minggu, 16 Oktober 2011
0 komentar:
Posting Komentar