RESUME KELOMPOK IV KOMUNIKASI DALAM BERORGANISASI

Komunikasi memang sangat dibutuhkan agar kita bisa melakukan interaksi terhadap sesama dalam melakukan pembicaraan atau pun melakukan interaksi terhadap sesama. Komunikasi sangat penting bagi semua orang, tanpa komunikasi suatu organisasi maupun perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga komunikasi antar sesama manusia sangat di butuh kan.Nah dalam kesempatan kali ini saya akan mambahas dan membuat resume tentang pentingnya Komunikasi Dalam Organisasi.Kelompok tersebut pun mendifinisikan beberapa kounikasi dari beberapa orang yang berpendapat apa arti dari Komunikasi tersebut yaitu.Komunikasi berasal dari kata “Communicare” (bahasa latin) yang artinya memberitahukan. Sedangkan menurut bahasa inggris disebut Communication yang artinya pertukaran informasi konsep, ide, perasaan antara dua atau lebih. Menurut Oxford Dictionary, komunikasi adalah pengiriman atau tukar menukar informasi, ide, dsb. Menurut Ensiklopedia, komunikasi adalah penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta dari satu pihak dalam suatu organisasi. Jadi sebenarnya komunikasi itu adalah proses pernyataan antar manusia, pernyataan manusia disini dinamakan pesan (message), dan orang yg menyampaikan disebut komunikator (communicator), sedangkan orang yg menerima pernyataan pesan (message) disebut komunikan (communicator). Adapun isi pesan yg disampaikan komunikator itu adalah pikiran atau perasaan, serta lambing dengan menggunakan bahasa lisan maupun tulisan. Yah demikian lah beberapa arti Komunikasi yang mereka kemukakan dan dapat saya tanggap dan tarik kesimpulan.
Komunikasi memang sangat dibutuhakan dalam setiap organisasi maupun kita berorganisasi agar adanya interaksi antara pimpinan dalam organisasi dan para anggota organisasi tersebut.Apa jadinya bila dalam organisasi tersebut tidak terjadi adanya komunikasi yang baik antar setiap anggota maupun dari pimpinan ke anggota nya ataupun sebaliknya,maka organisasi tersebut tidak bisa berjalan sesuai dengan baik dan lancar.Komunikasi pun daapat menjadikan terjadinya kekerabatan secara mendalam terhadap tiap anggotanya maupun kepada pimpinan dari organisasi tersebut.Dari yang saya dapat dan saya jelaskan bahwa dalam lomunikasi mempunyai model dan dapat saya jabarkan sebagai berikut. Model komunikasi yang terperinci, dengan unsur-unsur penting dalam suatu organisasi yaitu : Pengirim Pesan Penerima:Sumber mempunyai gagasan, pemikiran atau kesan yang diterjemahkan atau disandikan ke dalam kata-kata dan symbol-simbol.Kemudian disampaikan atau dikirimkan sebagai pesan kepada penerima.Penerima menangkap symbol-simbol dan diterjemahkan kembali atau diartikan kembali menjadi suatu gagasan dan mengirimkan berbagai bentuk umpan balik kepada pengirim.
Dalam melakukan komunikasi pun kita harus melihat kondisi dan sikap kita dalam komunikasi agar terjadi komunikasi yang baik dan benar seperti:Teliti tujuan kita dalam melakukan komunikasi itu apa kita ambil contoh untuk menanyakan perkembangan dari orang yang kita ajak bicara atau yang lain nya agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan komunikasi.Begitupun juga dalam organisasi tersebut komunikasi yang baik tentu sangat penting,seperti kita dalam melakukan musyawarah atau pun dalam menentukan pendapat kita agar terjadi timbal balik komunikasi yang baik dan benar.Hambatan dalam berkomunikasi pun tentu jelas ada,biasanya hambatan itu terjadi karena tidak terjalin dengan baik dan benar komunikasi antar sesama.Begitupun hambatan komunikasi dalam berorganisasi biasanya pun sering terjadi,kita ambil contoh seperti adanya anggota dari organisasi yang merasa segan atau canggung dalam melakukan komunikasi kepada pimpinan ataupun petinggi organisasi tersebut.Hal-hal seperti harusnya tidah harus terjadi karena memang sangat dibutuhkan komunikasi yang baik agar organisasi tersebut bisa berjalan dan maju.
Yah demikian lah beberapa resume dan kesimpulan yang dapat saya tanggap dari penjelasan kelompok IV yang menjelaskan tentang arti pentingnya komunikasi dalam organisasi.Memang sangat dibutuhkan komunikasi yang baik dari organisasi agar organisasi tersebut berjalan dengan baik dan benar.Begitu pula komunikasi yang baik tentu menghasilkan keputusan yang baik juga baik itu dalm musyawarah maupun melakukan rapat internal di dalam organisasi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar