Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi




Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan khususnya bagi makhluk sosial seperti manusia.Khususnya bahasa juga sangat penting untuk dipahami dalam melakukan komunikasi antar sesama,Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, kita sudah memiliki tujuan tertentu. Kita ingin dipahami oleh orang lain. Kita ingin menyampaikan gagasan dan pemikiran yang dapat diterima oleh orang lain. Kita ingin membuat orang lain yakin terhadap pandangan kita. Kita ingin mempengaruhi orang lain. Lebih jauh lagi, kita ingin orang lain membeli atau menanggapi hasil pemikiran kita. Jadi, dalam hal ini pembaca atau pendengar atau khalayak sasaran menjadi perhatian utama kita. Kita menggunakan bahasa dengan memperhatikan kepentingan dan kebutuhan khalayak sasaran kita.
Pada saat kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, antara lain kita juga mempertimbangkan apakah bahasa yang kita gunakan laku untuk dijual. Oleh karena itu, seringkali kita mendengar istilah “bahasa yang komunikatif”. Misalnya, kata makro hanya dipahami oleh orang-orang dan tingkat pendidikan tertentu, namun kata besar atau luas lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum..Dengan kata lain, kata besar atau luas,dianggap lebih komunikatif karena bersifat lebih umum. Sebaliknya, kata makro akan memberikan nuansa lain pada bahasa kita, misalnya, nuansa keilmuan, nuansa intelektualitas, atau nuansa tradisional.Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukannya sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang.
            Pada jaman sekarang khususnya di negara Indonesia khususnya di wilayah Ibukota Jakarta sudah sangat jarang para kaum remaja menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang sesuai.Mereka lebih senang menggunakan bahasa sehari-hari atau yang sering dibilang bahasa gaul.Seharusnya kita sebagai kaum muda atau penerus bangsa ini terus melestarikan dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah nya,agar di masa mendatang Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah nya tidak hilang termakan jaman.

0 komentar:

Posting Komentar